Pengetahuan Dasar Tentang Gambar

Sejauh ini saya telah mendapatkan banyak ilmu selama berada di Discord Oracle-D. Ada pertemuan setiap minggu yang membicarakan tentang menulis di blog. Kami di ajari berbagai macam tata cara untuk membuat tulisan di blog. Tujuan akhirnya adalah untuk menjadi Blogger profesional.

Setiap pertemuan kami di pandu oleh pemateri henat yang berpengalam dan profesional. Pada kesempatan ini saya ingin mengulas apa yang telah kami pelajari selama ini.

Pada ulasan ini kita akan berbicara tentang gambar. Khususnya tentang bagaimana kita menggunakannya dalam posting blog kita.

Tipe Dasar Gambar

Mari kita mulai dari awal dengan dasar-dasarnya. Semua gambar terdiri dari titik-titik kecil warna yang disebut piksel. Setiap tipe gambar menangani titik-titik kecil ini sedikit berbeda dari tipe gambar lainnya. Dua jenis gambar yang paling sering kita gunakan adalah jpeg yang memiliki ekstensi file .jpg dan ping yang memiliki ekstensi .png.

Jpeg

Jpeg sangat bagus untuk menangani kombinasi warna yang kompleks, seperti foto. Mereka juga dapat menangani kombo warna yang lebih sederhana sama baiknya.

Ping

Ping dapat mengubah rentang warna, seperti latar belakang misalnya, transparan. Jadi Anda dapat mengambil objek png latar belakang transparan dan meletakkannya di jpg non-transparan.

Situs CCO

Sebagian besar situs web seperti Unsplash dan Pixabay adalah tempat mendapatkan gambar menggunakan jpg atau png. Terkadang Anda akan menemukan jenis file ketiga – SVG atau EPS yang merupakan gambar vektor dan menangani piksel-piksel itu sedikit berbeda, ini akan akan dibahas setelah masuk lebih dalam ke jpg dan png.

Ukuran Gambar

Mari kita kunjungi masalah terbesar yang kita miliki dengan gambar sebelum berbicara lebih lanjut tentang jpg dan png. Ukuran itu penting – itu penting sekali. Dan kami menangani dua jenis ukuran – dimensi gambar dan ukuran file gambar. Dimensi gambar adalah lebar dan tinggi gambar pada resolusi tertentu.

Jadi Anda akan melihat sesuatu seperti 640 x 480 x 72 PPI. Apa artinya itu adalah lebar 640 piksel, tinggi 480 piksel pada 72 Pixels Per Inch. 72 PPI sangat bagus untuk sebagian besar layar dan untuk sebagian besar dari apa yang kita lakukan. Resolusi yang lebih tinggi sering digunakan untuk layar hi def dan pencetakan fisik. Ini masalahnya, jika Anda mengambil gambar 640 x 480 dan mengubah resolusi ke sesuatu yang lebih tinggi dari 72, gambar itu akan mengubah dimensi! Ini akan menjadi lebih kecil, yang kontra intuitif – kan?

Hal ini berlaku Juga jika Anda mengambil gambar 640 x 480 yang awalnya bernama 144 PPI, dan membuatnya menjadi 72 PPI, itu bisa menjadi buram. Untuk sebagian besar yang bisa dilakukan, 72 DPI bekerja dengan baik

Masalah Dasar Saat Menyimpan Gambar

Masalah yang sering dihadapi adalah ketika kita menyimpan file gambar. Sebagian besar program gambar akan memampatkan jpeg saat Anda menyimpannya. Beberapa memungkinkan Anda untuk mengatakannya berapa banyak kompresi yang Anda inginkan sebagai kisaran antara 1 dan 10, dengan 10 menjadi kompresi paling sedikit dan 1 menjadi yang paling banyak.

Ketika ini terjadi, beberapa piksel dilucuti, yang lain dibuat lebih dekat dalam warna dengan warna di sekitar mereka sehingga ada lebih sedikit piksel berwarna yang terdefinisi dengan baik, dan jika dikompresi terlalu jauh, tepi antara satu warna dan yang lain menjadi kabur.

Bagaimana Cara Menangani Ini?

  • Aturan # 1 untuk semua jenis gambar – selalu gunakan dengan gambar asli terbesar yang tersedia
  • Aturan # 2 – selalu menggunakan gambar dengan file jpeg asli yang tidak terkompresi.
  • Semakin tinggi resolusinya, semakin kecil lebar dan tingginya.

Anda selalu dapat membuat file besar lebih kecil dan itu akan terlihat bagus, tetapi Anda tidak dapat membuat jpg kecil lebih besar.

Sejauh ini cara di atas masih sangat mudah dan sederhana untuk Anda lakukan. Cara lain mungkin saja dengan mengubah atau mengedit gambar menggunakan program. Akan tetapi, hal itu akan dibahas pada ulasan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *