Microsoft Certified Educator (MCE) Adalah Salah Satu Jalur Sertifikasi bagi Guru

Dalam kurun waktu yang sangat singkat, tanpa kita sadari teknologi akan selalu berkembang dan masuk ke dalam ruang kehidupan kita. Terlebih lagi dengan teknologi yang akan masuk ke dalam dunia pendidikan. Dalam pandangan kehidupan kita, teknologi bagaiakan dua sisi warna antara hitam dan putih. Pada kondisi tertentu teknologi bisa memberikan dampak yang baik ataupun sebaliknya. Teknologi bisa saja menjadi sebagai peluang atau tekanan dalam mendukung proses pembelajaran di ruang kelas.

Ada banyak persoalan yang akan muncul di dalam lingkungan hidup kita tentang bagaimana kita merespon kehadiran teknologi. Misalnya, ada orang tua dan guru yang terkadang memiliki kekhawatiran ketika menggunakan alat digital pada saat pembelajaran. Hal ini bisa saja kita katakan sebagai bentuk respon yang bersifat negatif dari masyarakat terhadap teknologi. Namun, tanpa kita sadari teknologi justru terus berkembang begitu cepat.

Bahkan secara nyata saat ini kita dapat melihat bahwa sangat jarang guru dan siswa yang menulis di atas kertas. Teknologi berkembang begitu pesat hampir ke seluruh bidang kehidupan manusia, termasuk juga dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi haruslah dipandang sebagai salah satu peluang positif untuk mendorong kualitas hidup manusia. Terlebih lagi bagi guru, kehadiran teknologi merupakan sebagai hal yang akan berdampak baik bagi mereka. Karena dengan kehadiran teknologi akan ada banyak hal baru yang dapat dipelajari dan menjadikannya teknologi sebagai sarana pendukung pembelajaran.

image source

Hal inilah yang kemudian terus mendorong kemampuan dan kualitas guru dalam mengajar. Dengan demikian guru haruslah mencari hal-hal baru untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah yang hadir pada saat pembelajaran. Perkembangan zaman membuat kita sadar bahwa metode dan konsp pembelajaran juga mesti berkembang. Kesadaran tersebut telah menghendaki kita untuk mengubah pola pembelajaran yang lebih efektif. Karena proses pembelajaran tidak mesti haru mencontoh cara kita didik pada jaman dulu.

Dengan demikian guru harus menyadari bahwa sangat penting bagi mereka untuk dapat menggunakan teknologi. Salah satu teknologi yang sangat penting bagi guru adalah teknologi informasi. Teknologi ini merupakan sebagai salah satu media yang sangat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal tersebut juga akan memudahkan kita untuk untuk menyampaikan informasi ataupun menerima informasi dalam jangkauan yang sangat luas. Dalam perkembangannya sistem komunikasi telah menyebar dan tersimpan dalam jaringan internet.

Guru harus percaya bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan teknologi pada saat pembelajaran. Untuk mengetahui potensi yang dimiliki oleh guru, kita dapat menguji kompetensi diri yang kita miliki dengan sertifikat Internasional. Sertifikasi merupakan salah satu sarana untuk dapat menunjang karir di era digital saat ini. Salah satu jalur untuk memantapkan kompetisi guru di bidang teknologi adalah dengan mengikuti Microsoft Certified Educator (MCE). Ujian sertifikasi ini mengacu pada sistem UNESCO ICT Competency Framework for Teachears.

image source

Microsoft adalah salah satu perusahaan perangkat lunak yang paling besar didunia. Perusahaan ini sangat berkonsentrasi dalam menghadirkan produk yang bersertifikasi dan berkualitas tinggi. Micrososft juga mendukung dalam mengembangkan karir profesional. Bagi tenaga pengajar, Microsoft Certified Educator (MCE) adalah salah satu jalur sertifikasi yang sangat tepat. Jalur ini merupakan salah satu jalur sertifikasi yang cukup spesial di Microsoft.

Ujian Microsoft Educator (MCE) akan membahas tentang :

  • Education Policy
  • Curriculum and assessment
  • ICT/technology tools
  • Pedagogy
  • Organization and administration
  • Professional development

Jikapun Anda belum memiliki kepercayaan diri untuk mengikuti sertifikasi ini. Anda terlebih dahulu dapat mempelajari kursus secara online ataupun workshop terpadu yang menjelaskan tentang materi sertifkasi. Anda dapat menemukan hal ini di event.maribelajar.org ataupun mva.microsoft.com.

Keberhasilan dalam mengikuti sertifikasi ini tentunya akan memberikan kepercayaan diri yang lebih bagi guru. Karena fokus utama pembelajaran pada sertifikasi ini adalah mengenai pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan. Sertifikat yang didapatkan juga merupakan setifikat yang di akui oleh internasional.

[Contoh Setifikat MCE]

image source

image source

Leave a Reply