3 Manfaat Ini Akan Didapati Jika Guru Mampu Menguasai Teknologi

image source

Dalam perkembangannya teknologi Informasi dan Komunikasi telah membuka wawasan yang cukup luas bagi seluruh pelaku dunia pendidikan. Sistem yang terdapat dalam teknologi ini telah mampu membuat orang-orang untuk dapat mengakses segala keperluan melalui jaringan yang disebut internet. Hal ini seakan memperlihatkan kepada kita bahwa dunia terasa begitu sangat sempit, karena dengan kemajuan teknologi di bidang informasi telah membuka ruang bagi kita hanya dengan menekannya di bagian pencarian.

Bayangkan apa yang kita lakukan saat ini terasa begitu mudah bukan? Hal serupa tentu juga akan berdampak baik bila kemudian teknologi ini dapat dimanfaatkan secara profesional pada bidang pendidikan. Guru akan lebih mudah melakukan pembelajaran dan dapat memanfaatkan internet untuk dapat mengakses dunia global dengan begitu cepat dalam putaran waktu. Kehadiran teknologi tentunya akan dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan terhadap pendidikan.

Pernahkah Anda mengenal istilah berikut ini, ”to know, to learning to do, learning to be, dan learning together”?. Ya, itu adalah istilah yang tidak asing lagi di telinga para pelaku pendidikan. Itu merupakan pilar pendidikan yang dicetuskan oleh UNESCO, organisasi internasioanal yang bergerak dalam bidang pendidikan. Saya telah mendengarkan tentang itu ketika masuk mata kuliah Filsafat dan pernah membacanya di internet.

Saya telah mengatakan bahwa teknologi sangat bermanfaat bagi guru , siswa, dan siapapun yang sedang menyelam di dunia pendidikan. Penggunaan teknologi informasi sebagai media pendukung proses pembelajaran akan memberikan dampak yang cukup baik bagi guru dan siswa. Saya telah menganalisa ini sebelumnya, kali ini saya ingin mengatakan bahwa guru akan mendapatkan beberapa manfaat jika dapat menguasai teknologi Informasi dan Komunikasi.

1. Pembelajaran Akan Lebih Menarik

image source

Pengunnaan teknologi informasi akan sangat membantu guru dalam menggali berbagai informasi yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari. Media ini tentu saja akan dapat memungkin guru untuk menjangkau seluruh hal yang bermanfaat dalam pembelajaran tanpa batasan. Ini tentu saja akan memovitasi guru untuk dapat menguasai media pembelajaran dan mendorong guru untu menguasai meteri pelajaran secara mendalam. Penggunaan media pembelajaran ini juga menciptakan suasana belajar yang kondusif. Jika memungkinkan guru juga dapat memutarkan beberapa video, simulasi, ataupun animasi yang dapat membantu pengetahuan siswa untuk menguasai materi pelajaran. Dengan demikian, suasana pembelajaran akan terlaksana dengan baik dan menarik perhatian siswa. Karena siswa akan dapat memahami pelajaran dalam aspek visualisasi.

2. Meningkatkan Kualitas Kompetensi Guru

image source

Dengan memanfaatkan teknologi Informasi dan Komunikasi guru akan didorong untuk dapat menampilkan pembelajaran dalam bentuk dan metode yang berbeda-beda. Tujuan dari menciptakan suasana belajar yang berbeda adalah untuk menghindari rasa jenuh dan bosan pada siswa. Pembelajaran dengan teknologi ini juga akan lebih dapat dimanfaatkan oleh guru untuk merangkai materi pelajaran dan berusaha untuk mengutipnya dari segala sumber yang tersedia. Guru juga dapat membuat beberapa slide yang akan ditayangkan pada pembelajaran untuk menarik perhatian siswa. Kebutuhan terhadap materi pelajaran tentunya akan membangun kualitas intelektual guru yang lebih cerdas dalam menguasai teknologi.

3. Menjadikan Proses Pembelajaran Yang Relevan dan Efektif

image source

Siswa akan merasa bosan dan mudah jenuh bila metode pembelajaran yang digunakan adalah metode yang sama pada pertemuan sebelumnya. Seringkali siswa juga akan mengabaikan pelajaran apabila dia merasakan kesulitan dalam memahaminya. Masalah ini tentu saja akan berdampak buruk terhadap kualitas penguasaan pelajaran bagi siswa. Guru memiliki fungsi utama utama dapat menyelesaikan masalah tersebut. Teknologi informasi telah memudahkan guru untuk dapat mengumpul materi pelajaran yang dapat diimplementasikan dengan dunia nyata. Guru dapat memasukkan kedalam laptop berbagai informasi yang diperlukan untuk diajarkan kepada siswa. Guru dapat memanfaatkan laptopnya untuk mengedit, salin dan memperbanyak materi pelajaran. Sehingga akan terbentuk materi pelajaran yang sesuai dengan perkembangannya.

Tunggu apa lagi? Ini adalah waktunya bagi para guru yang berada di wilayah pendalaman untuk dapat memiliki teknologi ini. Pemerintah dan seluruh elemen pelaku dunia pendidikan memiliki tugas untuk hal itu. Saya tidak tahu bagaimana harus menerangkan hal ini lebih jauh. Sejauh ini saya hanya memiliki kemampuan untuk menuliskan ini berdasarkan analisa dan ide-ide yang saya miliki. Jika Anda mendapatkan sesuatu yang kurang dari tulisan ini, silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar.

Leave a Reply