Pentingnya Media Pembelajaran

image source

Kegiatan bimbingan dan pengajaran adalah salah satu bentuk usaha dalam mencapai tujuan pendidikan. Di era digital saat ini tercapainya tujuan pengajaran sangat di pengaruhi oleh media yanng digunakan untuk pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu objek yang akan mendukung siswa dan guru dalam melakukan aktivitas pembelajaran. Dengan demikian, kita harus dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dan tepat dengan kebutuhan.

Seiring perjalanan waktu kemajuan teknologi telah memberikan perannya untuk menunjang aktivitas pembelajaran di sekolah. Salah satu media yang sangat mendukung proses pembelajaran adalah teknologi yang bergerak pada Informasi da Komunikasi. Teknologi ini merupakan teknologi yang dapat membantu guru ataupu siswa dalam melakuka segala kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan dan pemindahan informasi.

Akan tetapi tidak semua guru dapat menguasai teknologi ini. Dengan demikian, diperlukan kesadaran bagi tenaga pengajar untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai teknologi melalui pemberdayaan kompetensi guru. Selain itu, pihak sekolah juga harus dapat meyediaka fasilitasya untuk dapat menunjang tugas guru dalam mengaplikasikan teknologi pada pembelajaran.

Dengan meningkatkan kualitas kompetensi dalam menguasai teknologi maka secara perlahan guru akan dapat mengimplementasikan media pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan. Yang paling terpenting adalah membangun kesadaran guru dan siswa terhadap pentingya manfaat penggunaan media Teknologi Informasi dan Komunikasi pada pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi secara tepat maka akan tercapainya proses pembelajaran yang maksimal.

Penggunaan teknologi secara tepat juga akan membangun kesadaran dan mengarahkan siswa agar dapat menggunakan teknologi pada hal-hal yang positif. Akan tetapi, kecil kemugkinan guru akan dapat membimbing siswanya jika guru tidak begitu menguasai teknologi tersebut. Hal itu juga memberikan pemahaman bagi saya bahwa tidak ada satupun alasan yang tepat untuk menjauhkan diri dari kemajuan teknologi. Dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat, setiap orang sangat dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi sebagai upaya untuk memudahkan kita dalam beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *