Peran Guru Dalam Memanfaatkan Kemajuan Teknologi

image source
Masalah Dasar dalam Pendidikan
Dalam beberapa tulisan yang telah pernah saya publikasikan, saya selalu mengatakan bahwa “peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan bagi siswa dan sistem pendidikan di sekolah tidak pernah terlepas dari peran guru. Dalam pedidikan guru merupakan seorang pembimbing yang harus dapat mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh siswa-siswanya. Selain itu, guru juga merupakan orang yang harus dapat menjadi contoh bagi seluruh kalangan, baik di sekolah, keluarga, maupun lingkungan masyarakat.

Hal ini tentunya mendorong guru agar dapat memiliki ide-ide yang menarik dan inovatif. Karena tantangan terbesar yang dihadapi oleh guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik adalah tantangan dirinya dalam kehidupan global. Guru memiliki tanggung jawab agar dapat berjalan sepadan dengan perkembangan dan kemajuan dunia global. Seiring perjalanan waktu telah menuntut guru untuk meningkatkan kualitas dirinya dan tingkat keprofesionalannya.

Akan tetapi, guru tidak mesti pula memaksakan dirinya menjadi seseorang yang dapat menguasai segala seluk beluk perkembangan dunia global. Karena guru bukanlah satu-satunya orang harus menguasai segala instrumen keilmuwan. Peran guru sebagai pembimbing, hanya bermakna pada keterbatasan untuk dapat mengarahkan siswa untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi dalam pembelajaran.


image source
Meskipun demikian, hal ini juga tidak bermakna bahwa guru tidak perlu menguasai teknologi yang sedang berkembang saat ini. Dalam hal ini guru haruslah menjadi seseorang yang profesional agar dapat menjadi contoh yang baik terutama bagi siswanya. Guru harus terus meenerus mecari pengelaman baru dan mengasah kemampuannya yang dapat disesuaikan dengan kemajuan teknologi saat ini.

Guru dan Penguasaan Teknologi
Dalam perkembangan teknologi yang semakin canggih , maka guru juga harus dapat menguasai beberapa teknologi yang dapat di aplikasikan pada pembelajaran. Dengan menguasai teknologi akan memudahkan guru dalam menerapkan berbagai sistem pembelajaran yang efektif. Kemajuan teknologi memang harus dapat diimplementasikan secara perlahan oleh guru terlebih lagi apabila teknologi itu berbasis pendidikan.

Menguasai teknologi juga akan menjadikan implementasi pembelajaran menjadi lebih asik dan menyenangkan. Terutama di dalam pelajaran sains, tentunya menjadi sangat penting bagi guru agar dapat mengoperasikan alat-alat sejenis komputer. Dalam mencapai tujuan pendidikan, setidaknya guru harus dapat menguasai beberapa teknologi yang sedang berkembang pada saat ini. Proses pembelajaran yang berbasis konsep tradisional kemungkinan tidak memiliki daya tarik bagi siswa yang hidup pada era saat ini.


image source
Dengan demikian guru harus pula mengadopsikan beberapa strategi dan cara baru untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang edukatif, inovatif, dan efektif. Kemajuan teknologi saat ini menjadi sesuatu alat yang dapat di manfaatkan oleh guru. Proses pembelajaran dengan menggunakan beberapa teknologi adalah sebagai sebuah sarana pendukung untuk menunjang proses pembelajaran agar lebih mudah.

Sebagai guru yang inovatif kita harus dapat menciptakan ruang kelas menjadi ruangnya ilmu pendidikan. Penggunaan teknologi juga akan mengoptimalkan penggunaan teknologi yang tepat sasaran. Secara perlahan guru juga telah ikut mengenalkan teknologi kepada siswa. Hal itu telah memberikan pesan bahwa pemanfaatan teknologi secara bijaksana pada kebutuhannya akan memberikan dampak yang cukup baik terutama untuk menambah ilmu pengetahuan.

Guru dapat memanfaatkan berbagai media teknologi yang sedang berkembang saat ini misalnya menggunakan Ponsel, Komputer dan berbagai perangkat lunak lainnya. Pada saat pembelajaran terkadang guru harus mengajar waktu agar dapat selesai dengan batas waktu yang telah tersedia pada kurikulum. Dalam kondisi yang berbeda murid membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pendekatan agar dapat menguasai setiap materi dan konsep pada pelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang berbasis teknologi akan lebih mudah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Leave a Reply