Kenapa Harus Jadi Pemimpi?

Image Source
Di dalam menjalani kehidupan ini tentu saja kita memiliki suatu impian. Seringkali kita dihadapkan oleh pilihan-pilihan. Sehingga banyak di antara kita yang mengartikan hidup ini sebagai sebuah pilihan.

“Pilihan adalah tentang bagaimana cara kita memutuskan tentang arah yang kita ambil dalam menjalani kehidupan di dunia ini”. Saya sangat yakin bahwa sepanjang abad perjalanan kehidupan ini tentu saja tidak ada manusia yang akan mengingkari kalimat itu. Setiap keputusan yang telah kita pilih tentu saja akan ada konsekuensi yang akan kita dapatkan nanti. Konsekuensi tersebut cenderung membuat kita takut untuk menentukan pilihan. Untuk itu kita harus benar-benar yakin dengan pilihan kita dan siap menerima apapun yang akan terjadi kedepannya.

Keberanian untuk memutuskan pilihan adalah awal dari langkah kita untuk mencapai titik akhir dari tujuan hidup yang sebenarnya. Hal itulah yang kemudian dapat diartikan sebagai suatu proses dalam kita menjalani kehidupan. Banyak orang yang menginginkan hal-hal yang baik selalu mengahampiri hidupnya misalnya, kesuksesan karir, uang, kemewahan dan lain sebagainya. Keinginan-keinginan tersebut pula dapat kita terjemahkan sebagi suatu impian yang ingin dicapai.


Image Source
Hal itulah yang mendorong kita untuk mencapai masa depan yang lebih indah di kemudian hari. Lantas apakah makna dari impian itu? Saya mengartikan impian sebagai suatu dorongan yang menggerakan hasrat manusia untuk mewujudkannya. Selain itu impian juga dapat kita katakan sebagai bagian dari pada mimpi-mimpi. Orang yang memiliki impian dapat kita sebut sebagai pemimpi.

Impian tentu saja akan memberikan suatu kekuatan dalam diri manusia untuk dapat bergerak mengisi kehidupan ini kearah yang lebih baik. Coba perhatikan bagaimana dunia ini semakin tumbuh dan maju dengan berbagai teknologi dan peradaban. Ada banyak faktok yang mendorong manusia untuk bermimpi, dianaranya adalah faktor lingkungan. Kondisi lingkungan yang ada saat ini telah memberikan sebuah gambaran sederhana tentang apa yang harus dicapai di masa depan. Kemajuan kehidupan saat ini adalah bagian yang dihasilkan oleh para pemimpi dahulu.

Sementara itu orang-orang yang tidak memiliki impian apapun di dalam hidupnya, akan meninggalkan banyak hal yang ditawarkan oleh lingkungan, alam dan kehidupannya sendiri. Bagi mereka yang memiliki sikap seperti itu biasanya hasrat mereka cenderung lebih mudah pudar. Hal itulah yang mendorong kita untuk dapat menjadi manusia yang memiliki impian di dalam hidup ini. Di sisi yang lain coba bayangakan bagaimana sejarah telah mencatat nama-nama orang yang pernah menciptakan kesuksesan selama hidupnya. Kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang memiliki ambisi yang kuat untuk memperbaharui impiannya.


Image Source
Saya sendiri menilai impian sebagai suatu pendorong yang mampu memberikan kekuatan yang sangat besar. Jika dijabarkan lebih rinci akan mencakup kekuatan untuk kita mewarnai kehidupan ini. Di dalam beberapa sajak motivasi kehidupan sering kali kita mendengarkan kalimat itu.

Bermimpilah tentang apapun yang ingin kita capai di dalam hidup ini. Tanamkan tekad untuk meraih mimpi tersebut. Berusahalah untuk melakukan berbagai aksi dengan penuh kesungguhan dan kesabaran. Impian adalah sesuatu hal yang sangat penting, karena kita akan dapat melakukan tindakan apapun sebelum kita membayangkannya. Seperti yang pernah di katakan oleh George Lucas “Dream are extremely important. You can’t do it unless you imagine it”.

Kesuksesan sangat tergantung dari bagaimana cara kita mewujudkan impian. Tentu saja di dalam hidup ini kita harus memiliki arah tujuan hidup. Dengan tujuan hidup yang terarah segala sesuatu akan dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Berhentilah untuk mengurung diri dalam rasa takut. Jangan pernah takut untuk bermimpi tentang masa depan. Impian akan menjadi sebagai sebuah semangat yang mampu mendorong kita untuk menghasilkan kekuatan dalam mempertahankan hidup. Disisi lain, impian juga akan dapat mengontrol sisi emosional, watak, rohani dan jasmani.

Catat itu dengan baik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *